Social Icons

Selasa, 11 Juni 2013

Menganalisis kerusakan Printer

Kerusakan printer diantaranya hasil print jelek, Cartridge tidak detek, paper jam, penampungan penuh, dan lain-lain. Untuk setiap kerusakan tersebut ada yang bisa ditangani sendiri namun ada pula yang harus dibawa ke tempat servis printer. Berikut saya berikan tips untuk kerusakan printer ringan.

Untuk kali ini saya akan mengkhususkan pada printer Canon. Pada printer merk ini kerusakan ditandai dengan led yang berkedip/ blinking. Printer seperti Pixma iP1000, iP1200, iP1300,.....dan seterusnya yang tidak memakai display dalam keadaan normal indikator led berwarna hijau. Namun demikian bila terjadi error led tersebut berkedip berwarna orange. Jumlah kedipan mewakili 1 permasalahan. Contonya bila Cartridge rusak maka inidikator led akan berkedip 7 kali kemudian hijau dan berulang-ulang. Untuk memastikan kerusakan supaya lebih jelas bisa kita lihat pada tab maintenance, klik view status printer maka akan kita lihat kondisi printer.

      Kerusakan lain yang sering terjadi yaitu Ink Absorber Full. Printer canon dilengkapi dengan system Cleaning untuk membersihkan head print supaya hasil print tetap bagus. Dalam proses cleaning tersebut printer menggunakan tinta untuk membersihkan lubang-lubang head. Sisa-sisa tinta akan dibuang kedalam penampungan tinta berupa spons/absorber. Bila penanpungan tersebut penuh maka printer akan berhenti mencetak dan ditandai dengan blinking led secara bergantian hijau dan orange 7 kali. Bila kita mengalami hal yang seperti ini padahal kita sedang akan mencetak dokumen bisa dicoba tips berikut :

- Cabut kabel power ac,
- Tekan tombol power , tahan lalu tancapkan kabel power ac.
- Tekan tombol resume 2x lalu lepas kedua tombol.

       Komputer akan mengenal printer anda sebagai printer copy 1. Anda bisa melakukat cetak dengan printer tersebut namun bila printer dimatikan dan dinyalakan lagi keadaan blinking masih tetap akan terjadi. Untuk memperbaiki secara permanen harus dilakukan Flashing dengan software resetter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar